Jumat, 28 September 2012

APAKAH PENYAKIT HEPATITIS BISA MENULAR? BAGAIMANA MENCEGAHNYA

Jumlah penderita hepatitis b yang meninggal dunia saat ini ini lebih tinggi di banding jumlah penderita aids. virus hepatitis b ( vhb ) seratus kali lebih menular di banding hiv/aids, walau pada prinsipnya penyakit ini datang tanpa sinyal tanda yang jelas.

Cara mengobati penyakit hepatitis

Di dalam kehidupan sehari-hari, vhb dapat menular melalui hubungan seksual yang tidak safe dengan orang yang terinfeksi, penggunaan pisau cukur, jarum suntik, sikat gigi, buat tato dan tindik bagian tubuh spesifik dengan alat yang telah digunakan oleh seseorang yang terinfeksi vhb.

Menurut ketua perhimpunan peneliti hati indonesia ( pphi ) nurul akbar, prevalensi hbsag pada pasien karsinoma hepatoselular dewasa di lokasi asia pasifik layaknya jepang 19%, taiwan 75% dan indonesia kurang lebih 50%, 40% hepatitis dan 10% non a dan b.

Anak-anak di taiwan hampir 100% menderita sirosis hati. di-laporkan juga bahwa 94% ibu dan anak pasien karsinoma hepatoselular merupakan pengidap hbsag. ”seseorang amat mungkin terinfeksi vhb bila ia berkenaan jamant dengan cairan tubuh seseorang yang terinfeksi, ” papar nurul akbar.

penularan transmisi prenatal dari ibu pengidap hbsag pada anaknya merupakan jalur transmisi amat butuh untuk terjadinya kronisitas infeksi. bentuk transmisi ini terjadi pada 40-50% pengidap hbsag di area hiperendemik di asia.

kurang lebih 90% bayi dari ibu pengidap hbeag bisa lantas pengidap hbsag dan alami vhb kronik, yang umumnya asimtomatik. integrasi genom vhb pada genom pejamu buka jalur untuk terjadinya karsinoma hepatoselular pada kurang lebih th. 1980-an ditemukan vaksin hbsag plasma derived. menurut nurul, walau perlihatkan imunogenitas serta efikasi protektif yang amat baik, vaksin ini kurang diterima dengan luas karena kekhawatirannya bisa adanya agen infektif didalamnya. berbarengan jalannya waktu, sekarang ini ini ada tiga modalitas utama golongan obat hepatitis b kronik yakni viral supressor, immunomodulator dan pengobatan alternatif.

type viral supressor meliputi analog sintetik dari bahan pembentuk virus hepatitis b yang nantinya bisa menghalangi replikasi virus. type immunomodulator meliputi semua bahan yang memacu respon imun untuk menghancurkan sel hati yang terinfeksi dengan virus hepatitis b dan bersihkan hati dari virus. type pengobatan alternatif meliputi obat-obatan tradisional yang masih belum diketahui dengan spesifik mekanisme kerjanya bila untuk buat jadi suportif

lamivudine merupakan alternatif pengobatan untuk penderita hepatitis b kronik. dengan pemberian oral, lamivudine nyaris tidak memiliki efek samping dan merupakan cuma satu obat yang bisa diberikan pada penderita hepatitis b kronik pada fase lanjut.

nurul berikan, pemerintah sesungguhnya telah siapkan vaksin untuk satu kali pakai yang namanya yunijek. vaksin tersebut diberikan dengan gratis terhitung ke puskesmas-puskesmas. vaksin tersebut diberikan pada bayi yang baru lahir dan diperkirakan vaksin tersebut dapat digunakan 2-3 th. ke depan.

”tapi anehnya depkes justru mengatakan hanya sanggup untuk 2 juta bayi baru lahir, walau sesungguhnya mereka dapat dana dari who cukup besar. menyebabkan tidak heran apabila vaksin yang pentingnya gratis, harus dibayar. pemberian vaksin pada masyarakat tentunya gratis kok jadinya harus bayar, ” paparnya. dia juga mengimbau pada masyarakat terlebih pihak perusahaan untuk tidak menolak karyawan yang mengindap hepatitis b. ”dia memanglah beresiko, tetapi tidak harus dimusuhi dan disingkirkan dari kehidupan, ” lanjutnya.

pencegahan dini Indikasi penyakit hepatitis

tentang selaras juga diutarakan oleh ahli penyakit didalam, unggul budihusodo. menurut dia, yang menentukan orang itu bisa menularkan hepatitis b ke orang lain tidak dari hbsag-nya tetapi dari sgpt. lalu tidak ada alasan untuk perusahaan menolak orang yang hasil tes darahnya perlihatkan hbsag positif. orang yang hasil tes darahnya perlihatkan hbsag positif, mungkin saja petinju dan pemain sepak bola, dia juga dapat bekerja di perusahaan. yang menular adalah orang yang hbsag positif dan sgpt positif.

walau pengobatan telah ada, ( di antaranya dengan obat hepatitis alami gamat Gold) namun alangkah baiknya bila ditangani pencegahan vhb sedini mungkin gerakkan pola hidup sehat dan vaksinasi hepatitis b yang diperoleh dengan serial tiga kali yaitu bln. pertama, ke-2 dan keenam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...